Impian Bisa Jadi kenyataan

Selasa, 27 Desember 2011

Jeda Kelahiran Dua Tahun Cerdaskan Otak Anak

LUPAKAN DVD pendidikan dan tutor pribadi yang mahal, rahasia anak cerdas ternyata bisa sederhana. Caranya, beri jeda dua tahun kelahiran anak pertama dengan kedua.

Para peneliti memelajari data ribuan anak menemukan bahwa jeda dua tahun menjadi optimal dalam meningkatkan kecerdasan otak anak. Mereka meneliti 3.000 wanita yang melahirkan 5.000 pasang kakak beradik. Anak-anak itu kemudian dites membaca dan matematika saat usia mereka lima dan tujuh tahun.

Hasilnya, anak-anak yang memiliki jeda usia dua tahun atau lebih memiliki skor lebih tinggi dibanding anak yang usianya rapat dengan si adik.

Teori ini disimpulkan oleh Kasey Buckles, asisten profesor ekonom dari Universitas Notre Dame. Dia mengatakan ada kemungkinan bahwa perbedaan prestasi akademik anak terkait dengan kemampuan orangtua untuk memberi jeda kelahiran dan ketersediaan waktu untuk dapat memberikan pengasuhan yang baik kepada anak pertama sebelum adiknya lahir.

Sayangnya, penelitian yang dilaporkan di Journal of Human Resources ini tidak menegaskan apakah hasil studi tidak menunjukkan apakah manfaat yang sama juga dirasakan sang adik.

"Kami percaya bahwa ini adalah manfaat yang dirasakan orangtua ketika mereka menjaga jarak antara saudara kandung,” kata Kasey Buckles yang memimpin studi ini, seperti dilansir Dailymail, Senin (28/11/2011).

Penelitian juga menegaskan bahwa jeda kelahiran yang terlalu rapat akan menyulitkan orangtua untuk memberi perhatian penuh pada anak pertama. Pasalnya, orangtua pasti akan sibuk mengurusi adiknya.

"Jarak dua tahun ini penting karena tahun-tahun awal adalah yang usia paling penting dalam perkembangan anak. Jadi, membagi waktu untuk anak-anak ketika mereka baru berusia setahun akan lebih berat daripada membaginya ketika anak sudah sekolah," tandasnya. (ftr)



disadur dari okezone dot com