Impian Bisa Jadi kenyataan

Selasa, 14 Februari 2012

Melahirkan Secara Normal VS Caesar


Ingatkah waktu ibu pertama kali dinyatakan positif hamil? Pasti senangnya luar biasa! Apalagi  ini hamil yang pertama kali dan sudah lama dinantikan. Saat hamil dijalani dengan penuh gembira bercampur khawatir akan keadaan janin dalam kandungan. Bulan demi bulan berlalu tanpa terasa dan tibalah saat yang sangat ditunggu-tunggu yaitu melahirkan.
Sebenarnya hamil dan melahirkan merupakan kodrat wanita yang biasa dialami oleh setiap wanita. Begitu pula cara melahirkan jaman Ibu atau Nenek kita dulu sudah berubah. Jaman dulu kebanyakan ibu-ibu melakukan persalinan secara normal dan biasanya di klinik-klinik, Bidan bahkan dukun beranak. Sekarang ini di era milenium ini, cara melahirkan bisa dipilih, secara normal, operasi Caesar, melahirkan di dalam air, dan dan lainnya. Kemajuan teknologi di bidang Kedokteran memegang peranan penting disini.
Cara melahirkan normal bagi sebagian ibu hamil merupakan pilihan pertama. Rasanya sudah menjadi wanita seutuhnya apabila sudah melahirkan secara normal atau alami. Proses melahirkan normal memang bisa menyakitkan dan tidak menyenangkan, apalagi ditambah cerita dari ibu-ibu lain yang membuat ibu harus berpikir dua kali untuk melahirkan normal.
Jika sekarang ibu sedang bingung dan dilema menghadapi pilihan untuk melahirkan secara normal atau Caesar, ada baiknya ibu ketahui dulu tentang plus minus dari kedua cara persalinan tersebut.
1. Persalinan Normal
Proses melahirkan normal di mana bayi dilahirkan secara alami melalui vagina.
Tanda-tanda awal persalinan normal :
a.Terjadinya kontraksi rahim yang teratur dan sakit
b.Bisa diikuti dengan keluarnya lendir bercampur darah dari vagina
c.Bisa terjadi pecahnya ketuban berupa keluarnya cairan dari vagina
Proses melewati pembukaan sampai siap melahirkan ini bisa menjadi proses yang panjang dan menyakitkan bagi ibu. Kondisi dan persiapan ibu sebelum persalinan sangat mendukung agar proses persalinan berjalan lancar.Proses penyembuhan pasca persalinan normal lebih cepat dibandingkan dengan caesar.
2. Persalinan Lewat Operasi Caesar
Biasanya persalinan lewat operasi Caesar menjadi pilihan terakhir, karena adanya beberapa penyebab,diantaranya :
  • Plasenta previa
  • Pre-eklampsia
  • Rongga panggul yang tidak normal
  • Air ketuban habis atau sudah meracuni bayi
  • Detak jantung bayi melambat
  • Bayi besar
  • Dan lainnya
Ada juga yang ingin menentukan tanggal lahir yang bagus bagi si jabang bayi,sehingga lebih memilih caesar. Rasa sakit kontraksi pada proses persalinan normal bisa membuat ibu takut dan tidak kuat, sehingga ingin melahirkan lewat caesar saja.
Proses penyembuhan pasca melahirkan secara caesar akan lebih lama dibandingkan dengan melahirkan secara normal.
Apapun cara bersalin yang dipilih, yang terpenting adalah demi kebaikan ibu dan bayi. Semoga bermanfaat.

disadur dari infoibuhamil dot com